Apa Itu Bounce Rate, Cara Kerja, dan Faktornya

Apa Itu Bounce Rate, Cara Kerja, dan Faktornya

Kamu bisa meraih bermacam macam penilaian yang bisa menjadi tolak ukur seberapa besar hasil performa berasal dari web site dan konten-kontennya bersama dengan melaksanakan pengecekan melalui Google Analytics, Semrush, ubersuggest, ataupun platform analisa lainnya. Terdapat banyak matriks yang dihidangkan dalam dasbor analisis, salah satunya bounce rate.

Apa itu Bounce Rate?

Bounce rate adalah keseluruhan takaran pengunjung web site yang segera meninggalkan satu halaman sesudah mereka membukanya. Dikutip berasal dari Semrush, bounce rate bakal dihitung dikala seseorang berkunjung ke suatu halaman web site tanpa melaksanakan tindakan apa pun di dalamnya seperti, melaksanakan pembelian, mengklik link, ataupun melaksanakan registrasi akun.

Hasil takaran bounce rate terpengaruh oleh sebagian faktor, mulai berasal dari kualitas web site sampai trik SEO yang diterapkan. Untuk itu, penting bagi para marketer dan pengembang web site untuk jelas bounce rate dan pengaruhnya pada trik marketing yang sudah disusun sebelumnya.

Hasil bounce rate yang jelek tidak hanya berdampak pada performa web site secara keseluruhan, tetapi termasuk tunjukkan seberapa nyaman dan seberapa tinggi minat calon pengunjung untuk melaksanakan transaksi pembelian ataupun membaca konten website.

Secara umum, bounce rate mengimbuhkan sebagian indikasi penting pada web site yang perlu ditindaklanjuti, sebagai berikut:

Persentase bounce rate bakal berpengaruh pada peringkat web site di dalam laman pencarian Google.

Angka bounce rate mengimbuhkan bukti penilaian bahwa  pada performa website. Semakin tinggi angka bounce rate yang didapat, jadi banyak perbaikan yang harus dilakukan. 

Angka bounce rate termasuk menjadi isyarat bahwa tidak terdapatnya suatu aktivitas pembelian. Untuk itu, perlu dilaksanakan optimasi web site sehingga takaran bounce rate bisa mengalami penurunan secara signifikan.

Cara Kerja Bounce Rate

Apabila web site yang dikembangkan sudah dihubungkan mengakses bersama dengan sarana Google Analytics ataupun Semrush, pengguna bisa segera memandang takaran bounce rate pada dasbor bersama dengan hanya mengakses halaman tersebut pada dasbor Google Analytics atau Semrush.

Akan tetapi, kalau diperlukan, pengguna bisa menghitungnya secara manual. Rumus untuk menghitungnya adalah banyak kuantitas pengunjung yang mengakses satu halaman / bersama dengan kuantitas keseluruhan pengunjung x 100%. Waktu yang dihitung di dalam bounce rate memadai beragam, tersedia yang menghitungnya berasal dari 10 detik pertama, tetapi tersedia pula yang menghitungnya sampai pengunjung mengklik konten lainnya.

Sebagai contoh, pada bulan Oktober, sebuah web site berhasil meraih 1 juta pengunjung bersama dengan kuantitas user yang berkunjung ke satu halaman sebanyak 500 ribu. Dengan begitu, bounce rate yang dihasilkan terhadap bulan tersebut sebesar 500.000/1.000.000x100% = 50%. 

Dari angka tersebut bisa diambil kesimpulan bagaimana performa web site pada konversi yang diharapkan, dan wujud trik baru berkenaan apa yang perlu dilaksanakan kedepannya, sehingga web site bisa terus tunjukkan hasil yang optimal.

Faktor yang Mempengaruhi Performa Bounce Rate

Persentase bounce rate didapat berasal dari bermacam macam aspek di dalam website, termasuk aspek internal maupun eksternal. Di bawah ini merupakan sebagian macam aspek yang berpengaruh pada takaran bounce rate beserta tips sehingga web site bisa menghasilkan performa yang optimal.

1. Aksesibilitas Website

Saat ini, tingkat kemudahan dalam mengakses web site yang dinilai berasal dari detik-detik awal pada waktu user mengakses suatu halaman. Apabila pada tahapan pertama, user sudah mengalami rintangan seperti loading yang sangat lama atau web site yang susah di-refresh sampai mengalami bug, secara otomatis mereka bakal segera mengimbuhkan kesan buruk.

Oleh dikarenakan itu, melaksanakan pengecekan secara berkala pada tingkat dan kemudahan aksesibilitas web site dan gunakan sarana hosting yang handal dan terjamin. Hindari pemakaian sarana yang terlihat murah tetapi tidak bisa menjamin kualitas yang diberikannya.

2. UI/UX Website

Setelah pengunjung mengklik suatu tautan link dan berhasil masuk ke dalam page-nya, hal pertama yang bakal dicermati dan dinilai yakni tampilan keseluruhan website. Mulai berasal dari penempatan tulisan warna dan font yang digunakan, kualitas logo sampai gambar sampai tampilan web site secara menyeluruh. Di bawah ini merupakan sebagian aspek di dalam UI/UX yang perlu diperhatikan:

Mobile Friendly

Saat merancang sebuah website, pastikan desain yang digunakan bisa beradaptasi bersama dengan bermacam macam perangkat. Sehingga, web site bisa diakses oleh pengguna melalui laptop ataupun handphone bersama dengan mudah dan nyaman. Website yang tidak mobile friendly memungkinkan terjadinya penurunan permintaan dan intensitas user untuk ulang singgah ke website. Ini apalagi menaikkan kesempatan terjadinya bounce rate.

Masukkan Gambar dan Video

Sertakan web site bersama dengan sebagian macam gambar dan video yang high quality. Kualitas web site bisa saja dinilai berasal dari kualitas gambar yang disuguhkan. Hindari pemakaian foto bersama dengan kualitas jelek, atau tema yang tidak relevan bersama dengan topik yang dibicarakan.

Rancang Website yang Responsif

Desain web site yang responsif bisa mengimbuhkan pengalaman yang lebih baik kepada para pengunjung. Hal ini bisa dilaksanakan bersama dengan bermacam cara seperti, kemudahan zoom in - zoom out gambar dan tulisan sampai otomatisasi tampilan web site sesuai bersama dengan jenis gadget yang digunakan. Website yang responsif bisa membantu meminimalisir takaran bounce rate.

3. Kualitas Konten yang Disajikan

Sebagai salah satu tujuan utamanya dibuatnya website, kualitas konten yang diberikan memiliki dampak besar dan penting pada takaran bounce rate yang bakal dihasilkan. Untuk itu, pengguna perlu merancang konten yang memiliki kualitas bersama dengan gunakan bermacam trik tambahan sehingga web site bisa menghasilkan performa yang maksimal.

Beberapa perihal yang bisa dioptimalkan didalam menyusun blog, antara lain: 

- Rangkai judul bersama dengan jelas dan menarik

- Gunakan heading bertingkat (H1, H2, H3)

- Tulis kata kunci di awal paragraf

- Tautkan bersama dengan link internal dan eksternal

- Tambahkan bersama dengan gambar dan video yang relevan

- Hindari kesalahan penulisan (typo)

Comments

Popular posts from this blog

Hidupku, Pekerjaanku, Karierku: Bagaimana 8 Toko Jam Terdekat yang Sederhana Membantuku Berhasil

Menyediakan Bimbel Polri Online